Sabtu, 20 November 2010

Pola hidup alamiah (back to nature) dalam kehidupan sehari-hari


 


Untuk melakukan aktifitas sehari-hari sangat perlu didukung oleh tubuh yang sehat dan daya tahan tubuh yang kuat. Diantara upaya agar tetap tampil sehat, bugar, dan menarik yaitu dengan menerapkan pola hidup alamiah (back to nature) dalam kehidupan sehari-hari,
  • Hindari kebiasaan merokok, minuman beralkohol, penyalahgunaan obat-obatan terlarang, kurang tidur,
  • Hindari stres, menjaga pola makan, serta berolah raga secara teratur sehingga tubuh tidak rentan terhadap serangan penyakit.
  • Pola makan buruk seperti sering telat makan, konsumsi makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi, kurang minum air putih, dan lain-lain dapat menurunkan daya tahan tubuh. Penerapan pola makan ala barat yang berlebihan misalnya pengkonsumsian makanan siap saji (fast food) karena dinilai lebih praktis dan nikmat. Saat ini jenis-jenis makanan tersebut semakin menjamur dan diminati masyarakat, padahal makanan tersebut berkadar lemak jenuh tinggi yang tidak baik bagi kesehatan jantung dan juga dapat menyebabkan obesitas. Olah raga yang teratur selain untuk kesehatan juga mempunyai efek baik bagi kecantikan dan penampilan, karena tubuh kelihatan lebih menarik.
  • Pada penderita gangguan kulit sensitif, saluran cerna, sulit BAB, mudah diare, alergi, asma, migrain dan sering sakit kepala harus mengenali jenis makanan tertentu yang justru dapat mengganggu kesehatannya seperti kavcang tanah, telor, ikan laut, buah tertentu seperti nanas , durian, mangga, jeruk, manggis, coklat, keju dan lainnya. Makanan yang relatif aman bagi penderita tersebut adalah daging sapi, buah apel, alpukat, pepaya, pear, semua sayur,  
  • Penampilan cantik dan menarik erat kaitannya dengan kulit. Salah satu masalah saat ini yang berkaitan dengan kulit yaitu penuaan dini. Pada proses penuaan, kulit terlihat menjadi kering, kasar, kendur, terdapat bercak-bercak, timbul lipatan pada leher, berkerut, dan garis-garis ketuaan di wajah. Permasalahan kulit yang sering dialami adalah kulit kering dan kasar yang disebabkan kemunduran fungsi produksi kelenjar lemak kulit yang berkaitan dengan penurunan kadar hormon, sedangkan kulit keriput karena defisitnya jumlah serat kolagen pada lapisan dalam kulit.
  • Bahan-bahan alami yang banyak mengandung vitamin C dan E sangat baik untuk peremajaan kulit. Fungsi dari vitamin C dan E antara lain sebagai antioksidan yang memberi perlindungan dari radikal bebas dan melawan efek oksidasi yang dapat menyebabkan penuaan. Sumber vitamin C tinggi dapat diperoleh dari buah-buahan segar seperti jeruk lemon, kiwi, jambu biji, mangga, pepaya, dan lain-lain. Sumber vitamin E dapat diperoleh dari kecambah, kacang-kacangan, alpukat, dan lain-lain. Vitamin C dan E juga berperan dalam pembentukan kolagen yaitu jaringan yang menyangga kulit. Kolagen merupakan kerangka dalam lapisan kulit yang dapat mengeluarkan protein dan zat-zat bagi keremajaan kulit. Kolagen sangat baik untuk mempertahankan kondisi kulit tetap elastis dan kencang. Sumber kolagen juga dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen seperti ceker ayam. 

0 komentar:

Posting Komentar

top